Saturday, February 11, 2017

pengertian Pemrograman web

Pemrograman web adalah salah satu mata pelajaran wajib dasar pada dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemrograman web 2 disampaikan dikelas X semester 2 yang disampaikan dalam waktu 4 jam pelajaran per minggu.

Pada semester 2 ini materi pemrograman web ditekankan pada perintah-perintah lanjut pada HTML untuk pembuatan halaman dan perintah – perintah menggunakan java script. Perintah HTML yang diajarkan pada pemrograman web ini meliputi pembuatan komponen formulir serta pemberian style pada suatu halaman web.

Untuk materi java script meliputi teknik pemrograman halaman web , pengolahan input user. Pada teknik pemrograman halaman web akan dijelaskan lebih lanjut tentang anatomi dan cara kerja kode javascript, dasar pemrograman client (variabel, tipe data, operator), array dimensi 1 dan multidimensi, struktur kontrol percabangan pada program client, struktur kontrol perulangan pada program client, fungsi bawaan dan buatan user pada program client.

Form HTML digunakan untuk memilih pelbagai macam inputan yang disediakan. Data bisa diinputan dalam bentuk textarea, input teks , pilihan radio button, check box dan lain sebagainya. Bentuk inputan tersebut dikemas elemen dalam tag-tag form. Pada kegiatan belajar ini akan mempelajari inputan text.

1) Komponen text area multiline

Komponen text area merupakan area tempat untuk menyimpan text atau tulisan baru, atau bisa dikatakan sebuah komponen HTML yang digunakan untuk menampilkan text dalam bentuk dan format text.

Untuk menampung input teks yang panjang dan mungkin tersusun atas lebih dari 1 baris, maka digunakan komponen input ‘textarea’. TEXTAREA dapat digabungkan dengan tag FORM untuk menjadi inputan yang akan diolah oleh file pemroses sebagaimana seperti yang telah dijelaskan pada tag FORM tersebut.

Format umum penulisan text area multiline

<textarea atribute=”atribute">

Terdapat beberapa atribut dari text area, diantaranya row,col dan lain sebagainya. Pada HTML 5 menyediakan banyak 6 atribut baru textarea.



Atribut
Value
Keterangan
autofocus

     -> baru dihtml 5
autofocus
area tertentu pada text area, dimana kursor y otomatis mengarah ke daerah tersebut ketika halaman web diload
cols
number
menentukan lebar text area
disabled
disabled
text area dapat diubah
form
form_id
satu atau lebih form pada text area
-> baru dihtml 5
-
menentukan panjang karakter pada text area
maxlength
-> baru dihtml 5
number
menentukan panjang karakter pada text area






Name
Text
Nama dari text area
Placeholder
-> baru dihtml 5
Text
memberikan gambaran singkat tentang nilai pada text area



readonly
readonly
text area brsifat read-only
Required

-> baru dihtml 5
required
menentukan text area tersebut harus diisi atau tidak
Rows
Number
Menentukan tinggi text area
wrap
hardsoft
menentukan bagaimana cara teks dikemas dalam text area sebelum teks tersebut dikirimkan

NAME
Atribut ini digunakan untuk meemberikan nama dari TEXTAREA. Atribut ini akan sangat berguna jika tag TEXTAREA digabungkan dengan tag FORM.

NAME
Atribut ini digunakan untuk meemberikan nama dari TEXTAREA. Atribut ini akan sangat berguna jika tag TEXTAREA digabungkan dengan tag FORM.

Contoh penulisan :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>cek form </title>
</head>
<body>
<p> Silahkan diisi pada teks area yang tersedia</p>
<p><textarea NAME=”papantulis” COLS=40 ROWS=6>
</textarea></p>
</body>
</html>

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...