Friday, February 3, 2017

Perkembangan sistem operasi windows


habaonline99-Mircorost Windows merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang digunakan untuk antar muka berbasis grafis atau  lebih dikenal dengan nama GUI (Graphical User Interface).

a) MS-Dos

Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) merupakan Sistem Operasi yang berbasis teks dan Command-Line interpreter(CLI). Windows Versi pertama Windows Graphic Environmnet 1.0, Windows Graphic Environmnet 1.0 adalah perangkat lunak yang bekerja atas arsitekstur 16-Bit dan bukan merupakan Sistem Operasi yang berjalan atas dasar MS-DOS, sehingga dapat menjalankannya membutuhkan MS-DOS
perkembangan sistem operasi windows
Gambar4.Logo MS DOS 6.22

MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat komputer Seattle Computer Products kemudian dikembangkan oleh Microsoft yang selanjutnya dibeli lisensinya. MS-DOS diluncurkan pertama kali pada tahun 1981, dan seiring dengannya waktu, Microsoft pun mempopulerkan versi yang lebih baru dari MS-DOS itu sendiri.

Tidak kurang hingga 8X Microsoft mempopulerkan versi yang baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.

b) Microsoft Windows (windows 1.x sampai dengan windows 3.x)

Microsoft Windows 1.0 adalah versi yang ke 1 sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation . Dalam versi ini sebenarnya dipopulerkan pertama kali pada tanggal 10 November 1998, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum
bulan November 1998, karena banyak hambatannya yang terjadi ketika pengembangan berlangsung.
Microsoft Windows 2.0 adalah versi yang ke2 dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) ciptaan oleh Microsoft Corporatio, yang diluncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Sistem operasi ini diluncurkan untuk melengkapi kekurangan ragam aplikasi pada Windows 1.0 tersebut.

Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan dari kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat dikembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan dengan Virtual Device Driver (VXD) yang digunakan untuk mengurangi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu tersebut. Sehingga sistem ini berganti dengan nama Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan fitur True Type Font. Sistem ini memudahkan untuk End-User karena sudah adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking(jaringan).

c) Windows 95 sampai dengan windows ME

Windows 95 diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1989. Sistem operasi ini memiliki sistem operasi GUI yang sangat menarik dan atraktif, dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti dari Program Manager) mendukung penamaan berkas yang panjang. Windows 95 juga mendukung dengan Plug and Play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi secara otomatis, memiliki beberapa fasilitas-fasilitas seperti ; Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur-fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga dengan Client-Server.

d) Windows 98 - windows SE

Dikeluarkan oleh Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 sudah mendukung dengan VGA berbasis AGP, serta mendukung dengan media penyimpanan berkas seperti  ; USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi Internet dan juga digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ada juga beberapa fitur-fitur tambahan berupa aplikasi-aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows 98 ini juga sudah memiliki kemampuan untuk memainkan Game dan menjalankan aplikasi Multimedia.

Windows 98SE ini menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD, Windows Driver Mode (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Drive (VxD) dan Windows NetMeeting 3. Sistem ini mempelajari prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bi/32-bi, dan masuk pada keluarga Windows 9.


Windows ME dirilis pada tanggal 14 September 2000. Dalam sistem operasi ini tidak ada fitur-fitur yang spesial selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit sampai 32-Bit dan sistem ini banyak dipakai oleh para pengguna pribadi.

sekian dari saya semoga Perkembangan sistem operasi windows bisa bermanfaat untuk kalian semua

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...