Saturday, February 4, 2017

Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer



Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer
Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer


habaonline99-Dalam struktur sistem komputer, Sistem Operasi adalah perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di komputer. Sementara itu perangkat lunak lainnya berada padai lapisan ke dua. Gambar dibawah ini menjelaskan sistem operasi dalam struktur sistem komputer.

Computer hardware merupakan semua bagian fisik dari komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalam, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dengan perangkat lunak akan sedikit buram jika berbicara mengenai firmware, karena firmware ini merupakan perangkat lunak yang "dibuat" atau di tanam ke dalam perangkat keras.

Utilities adalah perangkat lunak komputer yang dikarang untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer atau sistem. Utilitas memfokuskan penggunaannya pada optimalisasi fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Fungsi tersebut antaranya ; backup data, pemulihan sistem atau data, kompres data, penanganan virus dsb.

aplication programs merupakan perangkat lunak aplikasi yang memanfaatkan kemampuan komputer, langsung untuk melakukan tugas yang diinginkan oleh pengguna. Pengguna dapat melakukan berbagai hal dengan komputer diantaranya ; mengetik, melakukan permainan, merancang gambar dsb. Beberapa program aplikasi-aplikasi bergabung bersama menjadi suatu paket yang disebut dengan paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya yaitu ; Microsoft Office dan OpenOffice.org,

Sistem Operasi punya fungsi-fungsi dan peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Peranan dan fungsi sistem operasi tersebut diantaranya yaitu :

1. Sebagai kernel, merupakan program yang secara terus-menerus berjalan (running) selama komputer dijalankan.

2. Sebagai Guardian:merupakan menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberikan pengawasan pada proses pembacaan, penulisan ataupun eksekusi data dan program.

3. Sebagai Gatekeeper: mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (login) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah login dalam sistem.

4. Sebagai Optimizer: Mengefisienkan perangkat keras komputer sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh penggunanya, menjadwal input oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaannya.

5. Sebagai Coordinator : menyediakan fasilitas sehingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

6. Sebagai Programm Controller program pengontrol yaitu program yang berguna untuk mengontrol program aplikasi lainnya.

7. Sebagai Server: untuk menyediakan layanan-layanan yang sering dibutuhkan oleh penggunanya, baik secara eksplisit maupun implisit, seperti ; mekanisme akses file, dan fasilitas interupt.

8. Sebagai Accountant: mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.

9. Sebagai interface (antar muka) yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang bersahabat dan mudah digunakan (User Friendly). Sehingga pengguna tidak dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah.

10. Sistem resources manager : merupakan sebagai pengelolaan seluruh sumber daya sistem komputer.

11. Sebagai Virtual Machine, yang menyediakan layanan seperti ; menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan fasilitas yang lebih mudah untuk menggunakan hardware.


sekian dari saya semoga Peranan Sistem Operasi DalamStruktur Sistem Komputer bermanfaat untuk kalian semua

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...